TIPS MENJAGA KESEHATAN ORGAN PERNAPASAN

Pola hidup sehat sangat berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari, begitu juga dengan kesehatan pernapasan. Berbagai bakteri mampu menjadikan kesehatan pernapasan menurun yang dapat memicu berbagai penyakit antara lain asma, TBC, sinusitis, pneumonia, batuk, sesak napas dan bronchitis.

Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan pola hidup yang sehat dan selalu memperhatikan lingkungan. Beberapa sikap hidup yang sehat dapat anda lakukan dalam keseharian anda dan yang pasti murah dalah:

  1. Berolahraga dengan teratur.

Olahraga dengan durasi minimal 30 menit persehari mampu nyehatkan jantung sebagai pemompa peredaran darah ke seluruh tubuh.

  1. Menjaga udara tetap bersih

Tetap menjaga udara ruangan tetap bersih menjadi kunci kesehatan pernapasan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membersihkan barang-barang di rumah atau di kantor.

  1. Tidak merokok

Merokok bukan hanya berdampak negatif bagi perokok saja, namun berdampak pula bagi orang lain. Tidak tanggung-tanggung penyakit yang bisa desebabkan oleh asap rokok sangat banyak sebagaimana yang tertera pada kemasannya (Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin). Jadi, bagi kita yang menginginkan kesehatan terutama kesehatan pernapasan alangkah baiknya untuk tidak merokok.

  1. Menghindari makanan dan minuman yang beralkohol

Saat sedang muntah disebabkan makanan atau minuman beralkohol seseorang dapat tersedak, jika muntahan tersebut memblokir jalur pernapasan dan sebagian residunya terhisap masuk ke dalam paru-paru maka  hal terebut bisa berakibat fatal.

  1. Menggunakan masker saat bepergian

Udara luar tidak menjamin kebersihannya. Terutama di tempat-tempat umum. Oleh sebab itu Sangat disarankan untuk anda yang hendak bepergian menggunakan masker demi menjaga pernapasan kita dari polusi udara yang buruk.

  1. Ventilasi udara yang cukup

Salah satu menjaga udara tetap bersih adalah dengan membuat ventilasi udara ruangan yang cukup. Ventilasi ini adalah bagian dari rumah yang berfungsi sebagai saluran rumah dimana udara dapat mengalir dengan baik dari luar dan ke dalam rumah. Dengan demikian, udara yang ada di dalam rumah akan tergantikan secara terus menerus oleh udara dari luar melalui ventilasi tersebut.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Menjaga kesehatan pernapasan dapat dilakukan tidak hanya dari luar tubuh saja namun menjaga dari dalam pun tidak kalah pentingnya. Sayur dan buah memiliki kaya akan manfaat bagi tubuh. Kandungan zat-zat yang ada pada sayur dan buah mampu menjaga pernapasan anda tetap sehat, antara lain kembang kol, brokoli, kubis, sledri, jahe, apel, wortel  dan masih banyak lagi. Jd konsumsi buah dan sayur mulai sekarang.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, meningkatkan energi, mencegah stress akibat aktifitas seharian dan meningkatkan daya ingat. Tidur yang dianjurkan pada malam hari adalah 7-8 jam. Jadi, pastikan anda memiliki istirahat yang cukup dan berkualitas.

  1. Konsultasikan kepada ahlinya

Apabila terjadi indikasi terkena penyakit pernapasan segera konsultasikan ke dokter sebagai bentuk pencegahan terjadinya penurunan kualitas kesehatan anda.

Itulah tadi beberapa tips dalam usaha kita untuk menjaga kesehatan pernapasan. Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dirinya. Mereka baru sadar akan hal ini ketika sudah kehilangannya. Ketika merasakan sakit, orang akan sadar betapa nikmatnya memiliki kesehatan. Rasa sakit yang dirasakan membuat tidak  bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. So….Jadikan kesehatan sebagai prioritas anda….!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hello!
Can we help you?
Powered by