Ketumbar untuk Kesehatan

Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer digunakan untuk bumbu masakan. Bentuknya seperti biji-biji kecil yang mirip dengan merica. Selain digunakan untuk bumbu masakan, ternyata ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Di antaranya:

  1. Mencegah Diabetes

Ketumbar baik untuk pengidap diabetes. Kandungan serat tinggi pada ketumbar dapat menurunkan kadar gula sehingga baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes

2. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi dapat mencoba mengonsumsi ketumbar. Bumbu masakan ini mampu membantu menurunkan tekanan darah. Ketumbar meredakan tegangan pada pembuluh darah yang dapat membantu mengatur tekanan darah lebih normal.

3.Menyembuhkan Jantung Bengkak

Jantung bengkak biasanya bukan sebuah penyakit melainkan gejala dari kondisi masalah kesehatan lainnya. Jantung bengkak disebabkan karena jantung memompa lebih keras dari biasanya atau menyebabkan kerusakan otot jantung. Dengan mengonsumsi ketumbar bisa membantu menghancurkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Caranya, konsumsi ketumbar dengan menyeduhnya dengan air panas. Tuang ketumbar sebanyak 1 atau 2 sendok teh. Tunggu selama 15-20 menit, kemudian saring air dan minum airnya. 

4. Menyembuhkan Keputihan

Ketumbar dapat digunakan untuk menyembuhkan keputihan. Caranya, rendam biji ketumbar ke dalam air semalaman. Keesokan hari air rendaman tersebut disaring dan kemudian diminum.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar dapat mengatasi diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Kandungan antioksidan yang dimiliki ketumbar dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan.

6. Mengatasi Flu

Kandungan biji ketumbar dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat menyembuhkan flu. Vitamin C pada ketumbar adalah antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk tubuh.

6. Mengobati Mata Merah

Antioksidan yang terdapat pada ketumbar dapat mengobati mata merah. Hal ini juga dapat membantu mencegah infeksi mata lainnya. Rebus biji ketumbar dan gunakan untuk mencuci mata ketika airnya telah dingin.

7. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam ketumbar dipercaya dapat membantu penderita anemia. Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan energi dan kekuatan serta meningkatkan kesehatan tulang.

8. Menambah Nafsu Makan

Dengan mengonsumsi air rebusan biji ketumbar dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Sebab ketumbar memiliki kandungan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi tidak perlu pusing jika anak tidak mau makan. Mengonsumsi ketumbar sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Perhatikan tekanan darah dan kadar gula darah sebelum mengonsumsi

Sumber: Detik Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hello!
Can we help you?
Powered by